-->
Rangkaian Lampu mati nyala Otomatis

Rangkaian Lampu mati nyala Otomatis

Rangkaian Lampu mati nyala Otomatis

Rangkaian Lampu Halaman Belakang. Sebagai bagian dari bangun rumah, halaman belakang biasanya ada. Beragam fungsi serta peran yang dimainkannya. Halaman belakang, menjelma menjadi taman-taman indah nan artistik, penuh sentuhan nilai seni pada rumah yang mewah. Tak jarang, kolam renang dengan air kebiruan menjadi pelengkapnya. Di lain pihak, halaman belakang adalah tempat menimbun perkakas yang tidak penting dari suatu
rumah sederhana yang kelebihan perabot.
Tempat bercengkerama keluarga, menyatukan pendapat, berbagi cerita dan cinta. Wahana menikmati secangkir teh, susu atau kopi panas di pagi hari sambil membaca koran. Di sore hari, halaman belakang bisa menjadi tempat pelepas lelah dan penat setelah seharian bekerja. Kursi malas dengan busa empuk, meja-meja bundar bercita rasa seni, tumpukan koran dan buku, beberapa toples cemilan akan lengkap dinikmati di halaman belakang.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengetengahkan dan memperkenalkan sebuah rangkaian, yakni Rangkaian Lampu Halaman Belakang.

Rangkaian ini akan bekerja/berfungsi dari pukul 10 malam sampai pagi. Hal ini membantu untuk memberikan cahaya di halaman belakang guna menghindari binatang malam dan bahkan mencegah upaya pencurian. Rangkaian ini sepenuhnya otomatis dan menggunakan LDR sebagai saklar peka cahaya.
Rangkaian memiliki power supply tanpa trafo  dan rangkaian saklar berbasis waktu. Kapasitor C1, dioda D1 dan kapasitor C2 melalui D4 membentuk bagian power supply. C1 adalah X rated kapasitor AC. Tinggi volt AC berkurang ke tingkat yang lebih aman dengan C1 melalui properti rectance. Dioda D1 melalui D4 membentuk penyearah gelombang penuh untuk mengubah AC ke DC dan kapasitor C2 menghilangkan riak dari DC. Resistor R1 adalah resistor pemeras untuk menghapus saat disimpan dari C1 ketika rangkaian dimatikan. Resistor R2 mengurangi lonjakan arus ke rangkaian.
LDR digunakan di Rangkaian Lampu Halaman Belakang untuk memicu IC1 di saat matahari tenggelam (senja). Hambatan dari LDR sangat tinggi sekitar 10 megaohm  pada waktu gelap dan berkurang sampai 100 ohm di waktu sinar matahari cerah. IC CD 4060 adalah pilihan yang baik untuk aplikasi delay waktu yang lama. IC1 adalah kontra biner dengan sumber osilator internal dan 10 output. Selama siang hari, resistensi dari LDR akan rendah sehingga reset pin 12 dari IC1 tetap tinggi yang menghambat kerja dari IC1. Saat matahari terbenam, resistansi LDR meningkat dan 12 pin reset IC akan membumi dan mulai berosilasi dengan komponen, C3, R4 dan R5.  LED merah bersinar mengindikasikan aktivasi dari IC1. Dengan nilai yang diberikan dari C3, R4 dan R5, pin 1 menjadi tinggi setelah 4 jam, yaitu sekitar 10 malam.

Sumber:  http://www.electroschematics.com
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser