Tuesday, 17 April 2012

Saklar Genset Otomatis

Pembuatan Saklar Genset Otomatis ini di ilhami ketika PLN padam seringkali saya tidak tahu bahwa PLN telah hidup kembali atau telah menyala kembali sementara genset menyala terus sampai bensinnya habis, dipikir pikir sayang listrik pakai bensin kan lebih mahal ketimbang harga Listrik PLN belum lagi Genset akan lebih cepat rusak dan panas kalau nyalanya lebih lama. Oleh karena itu saya mencoba membuat rangkaian yang sangat sederhana ini yang cuma mengandalkan satu komponen saja yaitu Relay.
Setelah dipasang rangkaian ini sekarang tidak lagi memperhatikan apakah PLN sudah hidup kembali atau belum, karena secara otomatis Listrik dari genset berpindah lagi ke PLN ketika PLN hidup kembali dan Genset otomatis mati sendiri.


Rangkaian Saklar Genset Otomatis
Foto Rangkaian Genset Otomatis
Relay Omron MK2P 220Vac

Komponen:
  • Satu buah Relay Omron type MK2P 220vac
  • Soket Relay
Cara Kerja :
Ketika PLN mati maka Relay tidak mendapat tegangan dan Saklar Relay S3 bergerak dan listrik akan mendapat pasokan dari Genset kemudian kita nyalakan Genset dan saklar sudah siap pada posisi on (dalam hal ini posisi On genset biasanya dalam keadaan terbuka). Setelah Listrik PLN hidup kembali maka Relay akan mendapat tegangan dan pasokan listrik akan berpindah secra otomatis ke jaringan PLN di saklar S3  dan saklar S1 akan mematikan Genset. Pengalaman saya pemakaian alat ini sudah hampir 1 tahun blom ada kerusakan pada relay, daya listrik 2200 Watt.
Selamat Mencoba, semoga bermanfaat...
Advertisement