Tuesday, 3 July 2012

Rangkaian Robot Sederhana

Kali ini saya ingin mengajak anda untuk mencoba mempelajari cara membuat Robot sederhana dengan rangkaian robot yang sangat sederhana yang dinamakan Robot line follower. Sebagaimana namanya, robot ini hanya mempunyai satu tugas yaitu mengikuti garis hitam diatas background putih atau sebaliknya. Robot line follower mungkin adalah robot yang paling popular untuk dirancang oleh pecinta robotika hal ini dimungkinkan karena kesederhanaannya namun sangat bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk para pemula karena telah mencakup sebagian besar aspek robotika seperti elektronika, mekanik dan pemrograman. Selain itu saat ini sedang marak adanya kompetisi untuk robot line follower ini.
Ini rangkaian robot line follower yang sangat sederhana. Dalam perancangan robot tidak diperlukan adanya pemrograman. Yang digunakan disini hanyalah respon dari sensor untuk mengaktifkan motor sebagai gerakan robot.


  

Cara Kerja:
Led digunakan sebagai sumber cahaya. Cahaya dari led dipantulkan dengan intensitas yang berbeda tergantung warna dari bidang pantul. Sensor dari LDR akan bereaksi terhadap perubahan intensitas cahaya yang diterimanya.
Pada lintasan warna hitam LDR akan menerima lebih sedikit cahaya dari pada saat lintasan putih (warna hitam menyerap cahaya lebih banyak sehingga yang dipantulkan sedikit), pada saat ini motor DC akan berputar lebih pelan (arus kolektor berkurang), dan sebaliknya.

Source:  www.ermicro.com
Advertisement