Monday, 12 August 2013

Skema Rangkaian Kunci Kode Elektronik LM4017

Ketika memasuki ruangan atau kamar anda sudah tidak mesti ribet membawa anak kunci yang terkadang hilang atau lupa menyimpan atau ketinggalan. Dengan kunci pintu kode elektronik ini anda hanya mengingat kode pembuka saja misalnya untuk membuka anda cukup menekan tombol 4865. Kunci ini sangat aman karena orang yang coba coba mengacak angka akan sulit mendapatkan angka yang benar karena penekanan tombol yang salah akan mereset ulang rangkaian sehingga harus diulang dari awal. Dan penekanan tombol juga harus berurutan dari mulai angka 4=>8=>6=>5 kalau tidak berurutan kunci tidak akan terbuka. Kode ini bebas anda rubah sampai ribuan kode, sehingga apabila orang lain mengetahui kode pembukanya maka anda dengan mudah merubah kodenya.

key-code-lock-switch-circuit

Cara kerjanya:
 Sirkuit ini menggunakan 74HC4017 atau CD4017 IC Nomor yang deCODE Model Kontra Ini berfungsi untuk mengubah kode. Dalam kondisi normal, ketika kita menyediakan pasokan listrik ke sirkuit ini akan memiliki output tegangan positif pada pin 3 dari IC1. Ketika Anda menekan tombol A-S1, Tegangan positif dari pin 3 untuk lulus beralih ke pin 14 dari IC1, yang merupakan input pin.Kemudian ketika IC1 memiliki input tegangan positif, ia akan bergerak output dari pin 3 ke pin 2. sehingga beralih berikutnya yang harus ditekan adalah saklar B - S2 untuk memiliki tegangan positif pada masukan dari IC1 pada langkah berikutnya. Seperti yang Anda lihat, jika kita tidak menekan tombol B, itu tidak akan mengubah apapun IC.Dan jika kita menekan saklar yang salah, untuk menekan saklar yang menjadi salah satu dari enam pilihan di sisi kiri sirkuit ini. Ini adalah tegangan positif lulus beralih ke input pin 15 yang diatur ulang dari IC1, Ketika bedanya pin 15 diberi tegangan positif, IC1 akan mengubah output di pin 3, sehingga ulang beralih A untuk restart baru lagi.Jika Anda menekan tombol yang benar dari ABC ke D, IC akan bergerak output Pin 10. pin dihubungkan melalui dioda, dan R-10K untuk pin B dari Q1-2N3904, membuat Q1 akan bekerja, Ry1-relay dan lampu LED akan menyala. Relay bisa anda hubungkan ke Solenoid Kunci Pintu (Solenoid door lock).  Anda bisa lihat mengenai solenoid pada postingan saya sebelumnya.

Catatan:
  • Untuk kode pembuka 4865 Tombol S1 anda tempatkan menjadi tombol 4 dan S2 menjadi tombol 8, S3 menjadi tombol 6 dan S4 anda bikin tombol 5. Sementara tombol 1,2,3,7,9 dan 10 sebagai tombol reset.
  • Untuk mengoperasikannya atau membuka pintu anda harus menekan tombol secara berurutan
    dari mulai angka 4=>8=>6=>5
  • Alat ini mempunyai kelemahan apabila tidak ada pasokan listrik maka anda tidak akan bisa membuka kunci sehingga anda harus mempunyai cadangan batere. Anda bisa sediakan batere kotak 9volt sebagai solusinya.
  • Apabila anda susah mendapatkan Transistor 2N3904 anda bisa merubahnya dengan Transistor BC547.
Sumber :  http://www.eleccircuit.com
Advertisement