-->
Rangkaian Lampu LED dengan arus AC

Rangkaian Lampu LED dengan arus AC

Rangkaian Lampu LED dengan arus AC

Umumnya rangkaian Lampu LED menggunakan arus DC sebagai sumbernya, namun kali ini saya ingin memberikan Rangkaian Lampu LED dengan arus AC sebagai sumber tenaganya. Rangkaian ini belum sempat saya singgung pada postingan sebelumnya, dan postingan ini sekaligus sebagai jawaban dari sobat FB yang ingin sekali mengetahui Rangkaian Lampu LED dengan menggunakan arus AC atau arus listrik secara langsung tanpa menggunakan transformator. Sehingga rangkaian lebih hemat dan lebih simpel tidak memerlukan banyak komponen. Berikut ini adalah gambar rangkaiannya:
Pada dasarnya rangkaian ini tetap menggunakan arus DC sehingga tetap saja arus AC nya harus disearahkan terlebih dahulu. Sebagai penyearah maka dibutuhkan Dioda dalam hal ini D1 dan kapasitor C2. Untuk mengurangi arus yang mengalir maka dibutuhkan pembatas arus dalam hal ini R1 sebagai pembatas arus AC dan R2 sebagai pembatas arus DC. Untuk mendapatkan cahaya lampu yang maksimal cobalah menggunakan Lampu LED super bright.

Daftar Komponen:
R1................110 K
R2.................56 Ohm /2 Watt
C1.................1uF/400V Poly
C2.................680uF/50V
D1.................4x IN4007
D2-D13.........LED Super Bright

Rangkaian Lampu LED ini bisa anda fungsikan misalnya untuk Lampu tidur, lampu baca, lampu penerangan ruangan dan bisa juga dikembangkan sebagai lampu petunjuk: OPEN, Kasir, Lampu nomor rumah, nama toko dan lain-lain.Selamat berkarya!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser