-->
Skema Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Skema Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Skema Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Untuk mengatur lalu lintas kendaraan di persimpangan salah satunya adalah dengan Penerapan Lampu atau kita mengenalnya sebagai Lampu Lalu lintas. Dengan adanya Lampu Lalu Lintas maka pengaturan lalu lintas di persimpangan menjadi mudah dan otomatis tanpa bantuan manusia dan bisa bekerja selama 24 jam nonstop. Kendaraan akan silih berganti memasuki persimpangan dan ada yang berhenti sesuai dengan warna lampu. Misalnya warna lampu merah untuk berhenti, warna lampu hijau untuk maju/jalan dan warna lampu kuning untuk hati hati karena waktu jalan akan segera habis. Lama menyala lampu bisa disetel tergantung situasi lalu lintas. Bagi anda yang tertarik untuk membuat lampu lalu lintas berikut ini rangkaiannya:


Rangkaian Lampu Lalu Lintas ini jantungnya adalah IC Timer 555 model astable dan outputnya masuk ke IC counter 4017. Untuk mengatur waktu menyala digunakan potensiometer 1M dan sebagai catu daya menggunakan baterai 9 Volt. Untuk menggunakan lampu listrik anda bisa menambahkan rangkaian driver relay pada output counter Resistor 470 ohm.

Demikian Skema Rangkaian Lampu Lalu Lintas ini saya sajikan untuk anda sebagai bahan percobaan dan juga bisa dijadikan hiasan pada ruangan atau kamar anda. Selamat berkarya!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser