Diagram Rangkaian IC 4017

Diagram Rangkaian IC 4017

Diagram Rangkaian IC 4017

Ada penggemar blog ini yang menginginkan diagram IC 4017 untuk merangkai kunci pintu elektronik yang telah saya bikin. Sehingga saya harus membahas IC ini demi keinginan para penggemar elektronika yang sampai saat ini terus bertambah dan tak hentinya pertanyaan pertanyaan yang terus menerus saya terima.
IC 4017 adalah IC Dekade Counter / Pembagi. IC ini sering digunakan dalam rangkaian Running LED. Dalam IC ini terdapat Rangkaian Counter dan Rangkaian Decoder yang dapat menunjukkan output pin tunggal untuk setiap hitungan 0-9. Dan juga digunakan untuk membangun segala macam Timer, sequencer LED dan pengendali sirkuit. Berikut ini adalah gambar blok diagram IC-4017.


  1. Pin 16 adalah catu daya positif dan pin 8 adalah tanah a. Kisaran power supply dari 3 volt sampai 16 volt dan maksimum tegangan listrik di pin 1 tidak harus jauh dari 18 volt . 
  2. Pin 13 adalah pin untuk kontrol jam . Ketika  logika adalah " 0 ", maka jam diaktifkan dan hitungan maju dimulai, satu hitungan untuk setiap pulsa clock . Ketika logika bernilai " 1 " , maka input jam adalah berhenti , dan meja tidak apa-apa bahkan ketika pulsa clock tiba . 
  3. Pin 14 adalah clock pemicu satu hitungan . Jam pulsa harus " bersih " . Jika mereka " berisik " ​​counter dapat maju dua kali atau lebih selama setiap pulsa clock . 
  4. Pin 15 adalah pin reset . Biasanya , itu adalah " 0 " . Ketika membuat " 1 " , counter reset ke " 0 " . 
  5. Pins 1-7 dan 9-11 adalah pin output didekode . Jumlah pin yang aktif menjadi tinggi dan yang lain tetap rendah . 
  6. Pin 12 adalah pembawa output, untuk masukan clock counter tambahan atau sirkuit eksternal bahwa jumlah selesai.

Gambar Gelombang IC 4017

Tabel Kebenaran IC 4017
Demikian yang bisa saya sampaikan untuk para pecinta elektronika khususnya pelanggan blog ini yang dengan setia berkunjung setiap saat menantikan postingan postingan berikutnya. Terimakasih, selamat berkreasi!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser