Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Lampu Lalu Lintas Otomatis merupakan tambahan yang baik bagi para penggemar lampu persilangan lalu lintas dan kereta api. Instalasi ini juga merupakan alat bantu dalam pelajaran lalu lintas di sekolah-sekolah. Lampu lampu lalu lintas ini dipasang dalam semacam blok unit A seperti pada gambar berikut ini:

Rangkaian Lampu Lalu Lintas

Blok Diagram Lampu Lalu Lintas

Blok-blok ini dapat langsung disambungkan secara berturut-turut (gambar 4). Sehingga disain ini dapat dipakai di setiap persilangan. Untuk simpang tiga diperlukan 3 blok A yang harus disambung deret (P, Q dan R) dan blok terakhir disambungkan kembali dengan blok pertama (gambar 2 dan 4). Pada simpang-empat biasa (gambar 3) harus menggunakan 2 blok (P dan Q) yang seluruh lampunya harus dibuat rangkap dua. Lampu-lampu ini dapat dihidupkan dengan memasukkan tegangan umpan (+5V). Maka semua lampu merah akan menyala. Kalau tombol S ditekan lampu lalulintas pertama akan menyala dan selanjutnya secara berturut hijau, kuning dan merah lagi. Pada saat ini kembali semua lampu adalah merah (apa yang disebut tahap semua merah). Sebentar kemudian lampu lalu lintas berikutnya distart secara otomatis. Tahap ini berlangsung dengan cara yang sama seperti sebelumnya dan terjadilah lagi tahap-tahap merah, demikian seterusnya.
   Lamanya merah, kuning dan hijau untuk setiap lampu lalu lintas dapat disetel tersendiri antara 1 dan 40 detik dengan R dan C pada IC. Harga maksimum untuk R dan C masing-masing adalah 40k ohm dan 1000uF. 
   Kalau kita ingin membuat dengan lampu-lampu besar (220V), maka lampu-lampu yang kecil itu harus diganti dengan relay. Juga ada kemungkinan tetap menggunakan lampu-lampu kecil itu yang digabungkan dengan LDR agar dengan cara ini bisa mengendalikan Triac. Dengan demikian rangkain ini terpisah sama sekali dari tegangan bolak balik 220 V. 

Demikian Rangkaian Lampu Lalu Lintas ini dikutip dari media elex semoga bisa bermanfaat untuk anda pecinta elektronika. Terimakasih, Selamat berkreasi!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser