Membedah isi Booster VHF 2M NB-235R

Membedah isi Booster VHF 2M NB-235R

Membedah isi Booster VHF 2M NB-235R

Booster VHF FM NB-235R
Booster VHF adalah alat untuk memperkuat daya pancar pesawat FM atau 2M hingga berkali lipat dari daya pancar sebelumnya. Biasanya dipakai untuk memperkuat daya pancar HT yang umumnya rata-rata cuma 5 watt setelah ditambah Booster bisa menjadi 20-30 watt bahkan lebih tergantung spek dari boosternya itu sendiri. Nah kali ini saya ingin membedah isi dari salah satu booster VHF yakni Booster VHF NB-235R yang daya pancarnya bisa mencapai 20-30 watt. Berikut penampakan dalamannya:

Booster VHF FM NB-235R
Booster ini menggunakan Final C1946 yang mana keluarannya bisa mencapai 30 Watt dari input 5-8watt. Harga Transistor Final cukup mahal sekitar 250 hingga 300 ribuan yang original. Sehingga harga second dari booster ini bisa mencapai 400 ribuan lebih. Transistor Final ini banyak digunakan juga untuk Booster Pemancar Radio FM

Relay dalam booster ini berfungsi untuk memindahkan posisi saluran antena sehingga ketika HT dalam keadaan memancar maka Antena berfungsi sebagai pemancar dan ketika standby Antena berfungsi sebagai penerima. Dan ketika booster dimatikan saluran antena akan langsung terhubung ke HT dengan daya pancar normal. IC dalam booster berfungsi untuk level display untuk mengetahui kekuatan pancaran. 


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser